Lagi asyik
nulis, ngetik-ngetik sambil mantengin laptop, ditemani semeriwing angin
produksi kipas meja murah, tiba-tiba gelap! Yah, listrik padam. Jadi panas
seketika. Mungkin beberapa dari kalian juga pernah mengalami hal serupa. Itulah
yang terjadi pada saya beberapa waktu lalu. Ada yang tidak wajar dengan
pemadaman listrik di rumah saya (rumah orang tua sih tepatnya).
Jadi, pada
pukul setengah delapan malam terjadi pemadaman listrik. Satu jam kemudian,
listrik menyala, kemudian, mati lagi. Setengah jam kemudian, listrik on lagi, tapi sayang rumah saya dan 5
rumah di sebelah kiri rumah saya belum juga menyala. Saya biarkan saja. Sampai
akhirnya, jam di hape menunjukkan pukul
sebelas malam. Sudah habis kesabaran saya untuk menahan rasa gerah di jiwa dan
raga. Selain itu, nyamuk-nyamuk juga makin ganas menggigit badan kurus saya.
Akhirnya, saya putuskan untuk menelpon PLN.
Sebelumnya,
saya sudah pernah menelepon PLN, jadi, nama saya sudah tersimpan dalam database PLN. Customer Service yang
melayani saya pun segera tahu nama saya seolah-olah saya ini teman lamanya. “Eh
ini mbak lailatul yah?” begitulah ujar customer
service di seberang telepon (-__-“). Tanpa panjang lebar, sayapun
menyampaikan apa yang terjadi pada aliran listrik di rumah saya. Sekitar 30
menit kemudian, petugas PLN sudah sampai di rumah saya. Setelah beliau-beliau
ini mengecek, ternyata memang ada kabel yang putus. Alhamdulillah, tindakan
saya bermanfaat bagi lima rumah di sebelah kiri rumah saya.
Agan sekalian,
jangan ragu buat nelpon PLN kalau dirasa ada yang ganjil dengan aliran listrik
di rumah. Saat menelepon PLN, usahakan dalam keadaan yang tenang dan hindari
marah-marah. Marah tidak akan membuat masalah selesai. Justru, customer service yang melayani semakin
tidak paham dengan aduan yang kita sampaikan. Sudah buang-buang energi, keluhan
yang dimaksud malah tidak tersampaikan. Bukanya untung, malah buntung.
Jadi, gimana sih caranya membuat
pengaduan melalui telepon ke PLN?
1. Pastikan Handphone atau smartphone kamu punya
pulsa.
2. Dial
kode area_123.
Contoh:
Kode area Sidoarjo adalah (031)
Jadi, tekan
(031)-123
3. Siapkan nomor rekening PLN,
Kenapa musti gitu? Disuruh bayar ya? Tenang aja! Nggak
akan. Customer Service akan
menanyakan hal tersebut untuk melacak identitas pelanggan yang kebetulan kurang
beruntung hingga mengalami masalah dengan listrik. Tapi, kalau keburu listrik
padam, suasana terlalu gelap hingga kalian nggak sempat cari-cari struk pln
apalagi ngapalin nomor rekening PLN, cukup sebutkan nama dan alamat lengkap
kalian. Nggak usah takut dan tensin
buat nyebutin identitas asli. Nggak usah takut di gebet sama customer service-nya. Mereka cukup
profesional kog. Sebutin aja dengan jelas karena data kalian akan di-save di server PLN. Jadi, lain kali kalau kalian bikin aduan lewat telepon
lagi, PLN akan segera mengenali kalian.
4. Setelah melaporkan pengaduan, CS akan memberikan
nomor pengaduan. Aku nggak tau gunanya buat apa. Biasanya sih aku iya-iya in
aja tanpa di catet.
5.
Tinggal tunggu aja petugas datang kerumah kamu.
So, jangan ragu lagi yah kalau
mau telpon dan bikin pengaduan ke PLN., Apalagi musim hujan begini, intensitas
listrik padam mungkin lebih tinggi daripada sebelumnya. Yah, walaupun efeknya
kecil, tapi mudah-mudahan aduan kita bisa dijadikan bahan acuan oleh PLN dalam
memperbaiki kinerja nya. Cukup? Semoga membantu. [choluck ©]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jangan Lupa tuliskan komentar Anda di sini. . .