Saya memiliki sebuah laptop HP Compaq Presario CQ
42 yang saya beli pada akhir tahun 2010. Suatu ketika, laptop saya terjatuh
dari bangku dua kali. Awalnya tidak terjadi apa – apa pada laptop saya, tapi
lama – kelamaan laptop saya jadi lemot. Karena hang, saya mematikan laptop dengan kasar L. Saya langsung mencabut baterai laptop saya.
Ketika saya mencoba untuk menyalakan laptop saya lagi, layar laptop saya hanya
menampilkan warna hitam dan ada pesan untuk melakukan hardisk test. Sayapun menjalankan hardisk- test sesuai perintah pada layar, tetapi
terhenti ditengah – tengah proses. Kejadian tersebut terjadi tiga tahun setelah saya membeli laptop, tepatnya tahun 2013. Sungguh saat yang tidak pas. Pasalnya, saya harus mengerjakan skripsi kala itu. Karena diburu oleh waktu, saya berniat cepat – cepat men-servis laptop saya. Sayangnya, saya tidak tahu kemana saya harus men-servis laptop saya. Sayapun bertanya pada saudara saya kemana saya bisa men-servis laptop saya. Dia memberi tahu saya bahwa ada tempat servis laptop di Sidoarjo bernama ‘JOHAN’s comp’ yang beralamat di Jln. Samanhudi, Jasem, Sidoarjo.
terhenti ditengah – tengah proses. Kejadian tersebut terjadi tiga tahun setelah saya membeli laptop, tepatnya tahun 2013. Sungguh saat yang tidak pas. Pasalnya, saya harus mengerjakan skripsi kala itu. Karena diburu oleh waktu, saya berniat cepat – cepat men-servis laptop saya. Sayangnya, saya tidak tahu kemana saya harus men-servis laptop saya. Sayapun bertanya pada saudara saya kemana saya bisa men-servis laptop saya. Dia memberi tahu saya bahwa ada tempat servis laptop di Sidoarjo bernama ‘JOHAN’s comp’ yang beralamat di Jln. Samanhudi, Jasem, Sidoarjo.
Servis ini sama saja seperti tempat service
lainnya. Setelah laptop saya tinggal, saya mendapatkan bon untuk mengambil
laptop kalau sudah selesai nanti. Dalam bon, tertulis apa saja yang saya
tinggalkan selain laptop. Beberapa jam setelahnya, saya mendapatkan telepon
kalau teknisi di counter ‘JOHAN’s
comp’ tidak bisa mengecek laptop saya. Jadi, laptop saya harus dibawa ke centre yang ada di Surabaya. Kedengaran
aneh dan terlihat seperti proses servis yang lucu, tapi sayapun mengizinkan.
Keesokan harinya, saya mendapatkan info kalau laptop saya harus ganti hardisk. Saya agak ber-negative thingking dan takut kalau komponen
laptop saya yang masih bagus akan diganti, tapi saya iya-kan saja yang penting
laptop saya bisa dioperasikan sehingga saya bisa segera menyelesaikan skripsi
saya. Setelahnya, pihak counter memberitahu
lagi kalau jam 4 sore laptop saya sudah bisa di ambil. Service pertama,
memuaskan. Laptop saya kembali ke tangan saya dengan selamat.
Setahun kemudian, laptop saya kembali mengalami
gangguan. Puas dengan servis pertama di ‘JOHAN’s comp’ saya pun kembali men-servis
laptop saya di sana. Seperti sebelumnya, mereka memberikan salinan bon yang
bertuliskan barang – barang yang saya tinggalkan selain laptop. Mereka kembali mengatakan
laptop saya harus dibawa ke centre
yang ada di Surabaya. Setelahnya, saya mendapatkan info kalau kali ini saya
harus mengganti VGA-Card laptop. Saya
pun mengiyakan. Seminggu kemudian, saya tidak kunjung mendapatkan informasi tentang
laptop saya. Sayapun datang ke counter
‘JOHAN’s comp’ untuk mengambil laptop saya. Saya pikir seminggu pasti sudah
cukup untuk mengganti VGA-Card. Ternyata,
laptop saya masih belum selesai dan memang masih teronggok di bengkel counter tersebut. Seminggu kemudian,
saya menelepon untuk menanyakan kondisi laptop saya. Mereka mengatakan bahwa
laptop saya belum selesai di servis. Kemudian, saya membiarkan pihak counter untuk fokus men-servis laptop
saya hingga tak terasa sebulan sudah mereka terlena. Geram dengan ‘JOHAN’s comp’,
saya pun menelepon dengan sedikit menahan kekesalan. Saya menanyakan laptop
yang diservis atas nama Lailatul Chofifah sebulan yang lalu. Seseorang diseberang
telepon terdengar sedang menanyakan pada orang yang lain tentang laptop yang
saya tanyakan. Sekitar lima menit saya menunggu orang yang menjawab telepon saya
untuk berbicara lagi. Akhirnya, dia bersuara lagi dan menyuruh saya untuk menelepon
lagi nanti sementara dia mencoba mencari laptop yang saya tanyakan. Kemudian,
saya menelepon lagi dan mereka mengatakan kalau laptop saya sudah lama selesai.
Ketika saya sampai di counter ‘JOHAN’s
comp’ saya menanyakan kenapa saya tidak segera dikonfirmasi kalau memang laptop
saya sudah selesai. Dengan enteng mereka menjawab lupa. Setelah membayar dan
siap membawa laptop saya pulang, masalah lain terjadi. Pihak ‘JOHAN’s comp’
menghilangkan kabel sambungan charger orisinil saya dan hanya mengganti barang
tersebut dengan kabel sambungan charger puluhan ribu yang rusak setelah seminggu
kemudian. Lucu sekali, sudah lupa untuk mengkonfirmasi, hampir menghilangkan
laptop saya, mereka juga telah menghilangkan kabel chargeran saya. Servis yang
kedua kali ini tidak memuaskan dan tidak akan saya ulangi lagi.
Masih di tahun yang sama, saya tidak sengaja
menyenggol laptop saya hingga terjatuh dari atas kasur. Hardisk laptop dan data
saya pun hilang lagi. Tak ingin kejadian di ‘JOHAN’s comp’ terjadi lagi, saya
memilih men-servis laptop pada teman. Hanya butuh waktu seminggu, tapi ternyata
servis pada teman saya juga kurang memuaskan. Instalasi software pada laptop
saya kurang bagus sehingga tak lama setelah di servis, laptop saya trouble
lagi.
Seorang teman memberikan rekomendasi tempat
servis kepada saya. Saya kemudian menservis laptop saya di tempat tersebut. Tempat
servis laptop tersebut bernama ‘BENGKEL KOMPUTER’ yang beralamat di JL. Kartini
23 Sidoarjo. Nomor telpon dari tempat ini adalah (031)31290201. Kalau orang
sakit biasanya mengadukan keluhan yang dia rasa kepada dokter, kali ini saya
yang menceritakan keluhan laptop saya pada petugasnya. Setelah itu, petugas
wanita berhijab yang masih muda itu melepaskan baterai laptop dan kabel charger
saya kemudian menyerahkan nya pada saya. Beliau mengatakan kalau ‘BENGKEL
KOMPUTER’ hanya perlu membawa laptop dan adaptor saja karena ‘BENGKEL KOMPUTER’
tidak bertanggung jawab pada batrei dan kabel konsumen. Beliau kemudian
meregistrasi laptop saya dengan cara mengentri nomor seri laptop saya dalam
satu software khusus. Setelah itu, laptop saya di foto untuk melengkapi data tersebut.
Beliau kemudian memberikan nota servis untuk mengambil laptop. Sayapun pulang.
Setelah beberapa jam, saya mendapatkan sms
konfirmasi tentang kondisi laptop saya dan biaya yang harus saya bayar. Keesokan
harinya, saya mendapat konfirmasi lagi kalau laptop saya sudah bisa diambil. Setelah
saya mengambil laptop saya dan membayarnya, ‘BENGKEL KOMPUTER’ memberikan nota garansi
servis. Garansi servis yang diberikan oleh pihak ‘BENGKEL KOMPUTER’ ada dua
macam. Yang pertama, CPU, Notebook(software)
dan printer mendapatkan garansi 7
hari. Yang kedua, Notebook(Hardware) mendapatkan
garansi selama 30 hari dengan catatan untuk kerusakan yang sama. Tapi perlu
diingat, nota servis garansi tidak boleh hilang atau garansi akan hangus. ‘BENGKEL
KOMPUTER’ juga memberikan layanan Antar Jemput. Cukup menelepon ke
(031)31290200, laptop atau printer
yang sudah selesai di-servis akan diantar ke rumah. Perlu di ingat, saat
mengambil laptop atau printer yang
telah di-servis, kita harus memeriksa
kelengkapan barang sebelum meninggalkan tempat servis karena segala komplain mengenai
kurangnya kelengkapan setelah meninggalkan tempat servis tidak akan dilayani
oleh ‘BENGKEL KOMPUTER’.
Saya merasa sangat puas dengan pelayanan yang
diberikan oleh ‘BENGKEL KOMPUTER’. Walaupun bengkel mereka sangat kecil, mereka
memiliki pelayanan yang profesional. Buat teman – teman yang berdomisili di
sidoarjo, apabila mengalami kerusakan laptop atau printer, saya merekomendasikan Anda untuk menservis di tempat ini. (choluck©)
Lucu mi ceritanya.........jng di ulangi lagi ya mis njatuhin laptopnya....hihi....hi....ping....
BalasHapusiya cantik :)
Hapusmakasih udah di ingetin. km jg. kalo marah sama awan, jgn coba2 banting laptop yaa
Ya itulah Compaq :D
BalasHapuskalo menurut ku sih bang, apapun merk nya, kalo yg make awet ya save ajah. hahahahahaha
BalasHapustapi bnyk jg kog yang bilang spt pndpt km