Selasa, 17 Februari 2015

REVIEW: TEMPAT SERVIS KOMPUTER DAN PRINTER DI SIDOARJO

Saya memiliki sebuah laptop HP Compaq Presario CQ 42 yang saya beli pada akhir tahun 2010. Suatu ketika, laptop saya terjatuh dari bangku dua kali. Awalnya tidak terjadi apa – apa pada laptop saya, tapi lama – kelamaan laptop saya jadi lemot. Karena hang, saya mematikan laptop dengan kasar L. Saya langsung mencabut baterai laptop saya. Ketika saya mencoba untuk menyalakan laptop saya lagi, layar laptop saya hanya menampilkan warna hitam dan ada pesan untuk melakukan hardisk test. Sayapun menjalankan hardisk- test sesuai perintah pada layar, tetapi
terhenti ditengah – tengah proses. Kejadian tersebut terjadi tiga tahun setelah saya membeli laptop, tepatnya tahun 2013. Sungguh saat yang tidak pas. Pasalnya, saya harus mengerjakan skripsi kala itu. Karena diburu oleh waktu, saya berniat cepat – cepat men-servis laptop saya. Sayangnya, saya tidak tahu kemana saya harus men-servis laptop saya. Sayapun bertanya pada saudara saya kemana saya bisa men-servis laptop saya. Dia memberi tahu saya bahwa ada tempat servis laptop di Sidoarjo bernama ‘JOHAN’s comp’ yang beralamat di Jln. Samanhudi, Jasem, Sidoarjo.

Servis ini sama saja seperti tempat service lainnya. Setelah laptop saya tinggal, saya mendapatkan bon untuk mengambil laptop kalau sudah selesai nanti. Dalam bon, tertulis apa saja yang saya tinggalkan selain laptop. Beberapa jam setelahnya, saya mendapatkan telepon kalau teknisi di counter ‘JOHAN’s comp’ tidak bisa mengecek laptop saya. Jadi, laptop saya harus dibawa ke centre yang ada di Surabaya. Kedengaran aneh dan terlihat seperti proses servis yang lucu, tapi sayapun mengizinkan. Keesokan harinya, saya mendapatkan info kalau laptop saya harus ganti hardisk. Saya agak ber-negative thingking dan takut kalau komponen laptop saya yang masih bagus akan diganti, tapi saya iya-kan saja yang penting laptop saya bisa dioperasikan sehingga saya bisa segera menyelesaikan skripsi saya. Setelahnya, pihak counter memberitahu lagi kalau jam 4 sore laptop saya sudah bisa di ambil. Service pertama, memuaskan. Laptop saya kembali ke tangan saya dengan selamat.

Setahun kemudian, laptop saya kembali mengalami gangguan. Puas dengan servis pertama di ‘JOHAN’s comp’ saya pun kembali men-servis laptop saya di sana. Seperti sebelumnya, mereka memberikan salinan bon yang bertuliskan barang – barang yang saya tinggalkan selain laptop. Mereka kembali mengatakan laptop saya harus dibawa ke centre yang ada di Surabaya. Setelahnya, saya mendapatkan info kalau kali ini saya harus mengganti VGA-Card laptop. Saya pun mengiyakan. Seminggu kemudian, saya tidak kunjung mendapatkan informasi tentang laptop saya. Sayapun datang ke counter ‘JOHAN’s comp’ untuk mengambil laptop saya. Saya pikir seminggu pasti sudah cukup untuk mengganti VGA-Card. Ternyata, laptop saya masih belum selesai dan memang masih teronggok di bengkel counter tersebut. Seminggu kemudian, saya menelepon untuk menanyakan kondisi laptop saya. Mereka mengatakan bahwa laptop saya belum selesai di servis. Kemudian, saya membiarkan pihak counter untuk fokus men-servis laptop saya hingga tak terasa sebulan sudah mereka terlena. Geram dengan ‘JOHAN’s comp’, saya pun menelepon dengan sedikit menahan kekesalan. Saya menanyakan laptop yang diservis atas nama Lailatul Chofifah sebulan yang lalu. Seseorang diseberang telepon terdengar sedang menanyakan pada orang yang lain tentang laptop yang saya tanyakan. Sekitar lima menit saya menunggu orang yang menjawab telepon saya untuk berbicara lagi. Akhirnya, dia bersuara lagi dan menyuruh saya untuk menelepon lagi nanti sementara dia mencoba mencari laptop yang saya tanyakan. Kemudian, saya menelepon lagi dan mereka mengatakan kalau laptop saya sudah lama selesai. Ketika saya sampai di counter ‘JOHAN’s comp’ saya menanyakan kenapa saya tidak segera dikonfirmasi kalau memang laptop saya sudah selesai. Dengan enteng mereka menjawab lupa. Setelah membayar dan siap membawa laptop saya pulang, masalah lain terjadi. Pihak ‘JOHAN’s comp’ menghilangkan kabel sambungan charger orisinil saya dan hanya mengganti barang tersebut dengan kabel sambungan charger puluhan ribu yang rusak setelah seminggu kemudian. Lucu sekali, sudah lupa untuk mengkonfirmasi, hampir menghilangkan laptop saya, mereka juga telah menghilangkan kabel chargeran saya. Servis yang kedua kali ini tidak memuaskan dan tidak akan saya ulangi lagi.

Masih di tahun yang sama, saya tidak sengaja menyenggol laptop saya hingga terjatuh dari atas kasur. Hardisk laptop dan data saya pun hilang lagi. Tak ingin kejadian di ‘JOHAN’s comp’ terjadi lagi, saya memilih men-servis laptop pada teman. Hanya butuh waktu seminggu, tapi ternyata servis pada teman saya juga kurang memuaskan. Instalasi software pada laptop saya kurang bagus sehingga tak lama setelah di servis, laptop saya trouble lagi.

Seorang teman memberikan rekomendasi tempat servis kepada saya. Saya kemudian menservis laptop saya di tempat tersebut. Tempat servis laptop tersebut bernama ‘BENGKEL KOMPUTER’ yang beralamat di JL. Kartini 23 Sidoarjo. Nomor telpon dari tempat ini adalah (031)31290201. Kalau orang sakit biasanya mengadukan keluhan yang dia rasa kepada dokter, kali ini saya yang menceritakan keluhan laptop saya pada petugasnya. Setelah itu, petugas wanita berhijab yang masih muda itu melepaskan baterai laptop dan kabel charger saya kemudian menyerahkan nya pada saya. Beliau mengatakan kalau ‘BENGKEL KOMPUTER’ hanya perlu membawa laptop dan adaptor saja karena ‘BENGKEL KOMPUTER’ tidak bertanggung jawab pada batrei dan kabel konsumen. Beliau kemudian meregistrasi laptop saya dengan cara mengentri nomor seri laptop saya dalam satu software khusus. Setelah itu, laptop saya di foto untuk melengkapi data tersebut. Beliau kemudian memberikan nota servis untuk mengambil laptop. Sayapun pulang.

Setelah beberapa jam, saya mendapatkan sms konfirmasi tentang kondisi laptop saya dan biaya yang harus saya bayar. Keesokan harinya, saya mendapat konfirmasi lagi kalau laptop saya sudah bisa diambil. Setelah saya mengambil laptop saya dan membayarnya, ‘BENGKEL KOMPUTER’ memberikan nota garansi servis. Garansi servis yang diberikan oleh pihak ‘BENGKEL KOMPUTER’ ada dua macam. Yang pertama, CPU, Notebook(software) dan printer mendapatkan garansi 7 hari. Yang kedua, Notebook(Hardware) mendapatkan garansi selama 30 hari dengan catatan untuk kerusakan yang sama. Tapi perlu diingat, nota servis garansi tidak boleh hilang atau garansi akan hangus. ‘BENGKEL KOMPUTER’ juga memberikan layanan Antar Jemput. Cukup menelepon ke (031)31290200, laptop atau printer yang sudah selesai di-servis akan diantar ke rumah. Perlu di ingat, saat mengambil laptop atau printer yang telah di-servis, kita harus memeriksa kelengkapan barang sebelum meninggalkan tempat servis karena segala komplain mengenai kurangnya kelengkapan setelah meninggalkan tempat servis tidak akan dilayani oleh ‘BENGKEL KOMPUTER’.



Saya merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh ‘BENGKEL KOMPUTER’. Walaupun bengkel mereka sangat kecil, mereka memiliki pelayanan yang profesional. Buat teman – teman yang berdomisili di sidoarjo, apabila mengalami kerusakan laptop atau printer, saya merekomendasikan Anda untuk menservis di tempat ini. (choluck©)

4 komentar:

  1. Lucu mi ceritanya.........jng di ulangi lagi ya mis njatuhin laptopnya....hihi....hi....ping....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cantik :)
      makasih udah di ingetin. km jg. kalo marah sama awan, jgn coba2 banting laptop yaa

      Hapus
  2. kalo menurut ku sih bang, apapun merk nya, kalo yg make awet ya save ajah. hahahahahaha

    tapi bnyk jg kog yang bilang spt pndpt km

    BalasHapus

Jangan Lupa tuliskan komentar Anda di sini. . .