Rabu, 12 Oktober 2016

Kantorku Surgaku

Pernahkah Anda merasa malas untuk pergi ke kantor dan sangat ingin menghindari kantor? Perasaan seperti ini sering kali dialami oleh karyawan. Bagi seorang karyawan, tempat kerja merupakan rumah kedua setelah keluarga. Apabila suasana di tempat kerja tidak menyenangkan, maka kerja tentu tidak nyaman. Suasana yang tidak mendukung di tempat kerja dapat membuat stress dan menurunkan produktivitas.
Tidak bisa dipungkiri, di setiap tempat kerja Anda pasti menemukan masalah. Masalah bisa datang dari manapun termasuk dari partner kerja. Berpindah-pindah tempat kerja juga tidak banyak membantu karena dimanapun Anda bekerja, orang yang tidak menyenangkan akan selalu ada. Maka dari itu, Anda perlu menyesuaikan diri. Caranya?
Jangan pernah mengambil keuntungan dari orang lain dan jangan sampai dimanfaatkan
Setiap orang di kantor tentu memiliki kewajiban sendiri-sendiri. Pastikan Anda menyelesaikan kewajiban Anda terlebih dahulu. Jangan pernah bergantung pada orang lain dan selesaikan kewajiban Anda sendiri. Kalau memang terlalu sulit, terpaksa dan tidak ada opsi lain, barulah Anda bisa minta bantuan pada yang lain. Sebaliknya, apabila ada partner yang butuh bantuan Anda, jangan segan-segan untuk membantu. Apabila partner tersebut terlihat mulai malas dan bergantung pada Anda, tidak ada salahnya jika Anda menolak dan menghindar.

Keep silent
Berbicaralah yang penting-penting saja. Apabila tidak ada yang bertanya, Anda tidak perlu memberikan penjelasan apapun. Orang lain tidak perlu tahu Apa yang sedang Anda pikirkan dan rasakan. Jadi, simpan saja privasi Anda. Saya kira, semakin tertutup privasi Anda, maka semakin baik. Termasuk dalam menggunakan akun jejaring sosial Anda, Jadilah pengguna yang bijak. Jangan pernah menyindir atau mengumbar hal-hal privat di sosial media. Posting saja hal-hal wajar dan baik.

Never gossip on other
Kegiatan ini benar-benar harus dihindari. Saat Anda membicarakan seseorang dikantor, bukan tidak mungkin kalau partner Anda juga akan membicarakan Anda saat Anda tidak berada bersama mereka. Umumnya seperti itulah lingkaran pergunjingan terutama di kalangan wanita. Kalau Anda mengetahui seseorang yang sedang digunjing, jangan berkomentar apapun atau lebih baik pergi saja. Daripada menggosip soal orang lain, lebih baik Anda fokus pada pekerjaan dan pengembangan potensi Anda.

Bersaing sehat
Menganggap setiap partner di kantor sebagai rival justru malah akan membuat Anda tertekan. Sebaliknya, jadikan prestasi orang lain sebagai pemicu semangat untuk terus mengeluarkan kemampuan dan potensi terbaik, bukan untuk mengalahkan setiap orang dan menjadi terbaik di antara yang lain. Menjadi terbaik diantara yang lain itu hanya bonusnya saja.

Meningkatkan keterampilan
Tidak dipungkiri, sadar atau tidak, persaingan akan selalu ada. Agar tidak tergerus zaman dan tidak kalah dengan yang lebih muda maka Anda butuh melakukan beberapa inovasi dan terus meningkatkan kreatifitas Anda.

Membina hubungan baik dengan atasan
Bagaimana caranya? Tentu bukan dengan menjilat atau mengadukan teman kerja yang lain, tapi dengan berusaha menyelesaikan tugas yang diberikan dengan sebaik mungkin.

Cuek
Apabila Anda mengetahui ada orang yang menggunjing Anda atau sedang menggunjing Anda, cuek saja. Yang penting Anda tidak menggunjing orang lain. Tetap fokus pada pekerjaan Anda dan terus kerjakan pekerjaan dengan baik.

Nah, masih galau dengan suasana kantor? Tinggalkan itu semua dan bahagialah di kantor. Terutama bagi Anda yang muslim, bekerja adalah ibadah. Jadi, bekerjalah dengan baik dan beribadahlah dengan baik karena kantor Anda adalah ladang surga Anda. Pikirkan saja hal-hal yang positif dan bersiaplah untuk menerima kejutan-kejutan baik di kantor. Salam, mbak-kopi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa tuliskan komentar Anda di sini. . .